Tuesday, November 13, 2018

Baju Putih Mulai Kekuningan? Cuci dengan Cara Ini

Belle punya baju atau kemeja berwarna putih?. Baju atau kemeja putih memang bagus untuk dipakai. Sayangnya warna putih butuh perawatan yang ekstra dan harus hati-hati untuk memakainya karena jika sudah terkena noda pasti akan membuat kepala pusing untuk membersihkannya.
tips mencuci baju putih
sumber: modelbajuterbaru2018.net
Baju putih yang jarang dipakai atau lebih sering menjadi penghuni almari, lama-kelamaan biasanya akan berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Baju putih yang sering dipakai lama-lama juga dapat berwarna kekuningan karena keringat.
tips mencuci baju putih
sumber: kabarwaras.com
Jika Belle punya baju putih yang mulai kekuningan, jangan buru-buru dibuang karena sayang jika membuang begitu saja jika tidak karena rusak. Menghilangkan baju putih yang kekuniangan memang tidak mudah jika dicuci dengan cara bisa kita lakukan sehari-hari.

Berikut adalah cara yang biasa saya lakukan untuk mencuci baju kekuningan agar kembali menjadi putih bersih. Hasilnya sungguh memuaskan.

1. Rebus air dalam panci yang berukuran agak besar.
2. Basahi baju putih dengan air bersih.
tips mencuci baju putih
sumber: cerpen.co.id
3. Setelah panas, masukkan baju putih yang basah tadi ke dalam panci. Ini dilakukan diatas kompor. Gunakan api yang kecil.

4. Posisikan bagian yang kekuningan secara melebar kemudian taburi dengan asam sitrat dan detergen secukupnya.
tips mencuci baju putih
asam sitrat. sumber: bisakimiadotcom.files.wordpress.com
tips mencuci baju putih
detergen bubuk. sumber: pelajaricaranya.blogspot.com
5. Gunakan garpu untuk membolak balik pakaian. Usahakan seluruh permukaan baju terendam air. Bolak-balik beberapa kali hingga air mendidih. Jika air meluap ke atas kecilkan api kompor diposisi yang paling kecil. Biarkan terus mendidih sambil dibolak-balik dan dilihat.

6. Jika warna kekuningan baju sudah mulai hilang, matikan kompor dan tuangkan rebusan baju ke dalam bak.

7. Biarkan hingga suhu air mulai dingin. Saat hangat-hangat kuku, kucek baju putih tersebut. Bisa ditambah lagi dengan detergen jika kurang.

8. Setelah selesai, bilas, dan keringkan.

9. Baju putih kesayangan akan kembali berwarna putih seperti semula.
tips mencuci baju putih

sumber: wajibbaca.com
Cara ini sangat ampuh mengembalikan warna putih. Tetapi, jangan dilakukan terlalu sering karena lama-lama baju bisa menjadi tipis dan mudah sobek. Jadi lakukan jika baju putih sudah mulai benar-benar berubah warna.

Silahkan mencoba Belle.

Sumber:
Pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment