Tuesday, October 30, 2018

Awas! 7 Barang Elektronik Ini Bikin Boros Listrik


Biaya listrik bulanan masih menjadi sesuatu yang membuat hati para ibu-ibu berdebar setiap bulan. Khususnya setelah subsidi pemerintah telah dicabut. Biaya listrik bulanan naik hingga mencapai 50% dari biasanya sehingga para ibu-ibu juga harus berfikir ekstra untuk menyiapkan budget lebih.
barang elektronik
sumber: tipshidupsehat.net
Barang elektronik yang dibutuhkan untuk menjalankan kehidupan rumah tangga tentunya tidaklah sedikit. Sebagai ibu-ibu bijak sebaiknya kita tau mana barang elektonik yang dapat menyebabkan tagihan listrik bulanan membengkak. Pengetahuan ini sangatlah penting karena dengan tahu maka kita dapat melakukan penghematan energi sehingga biaya listrik bulanan tidak membengkak.
Listrik
sumber: rumah.com
 Berikut ini dalah daftar barang-barang elektronik yang mengkonsumsi listrik besar dan dapat menyebabkan tagihan listrik melonjak. Mari kita simak!

1. Lampu
Lampu
sumber: mediakonsumen.com


Lampu sebenarnya memegang peranan paling besar terhadap biaya bulanan listrik. Meskipun memang lampu memiliki watt kecil tetapi dalam satu rumah jumlahnya banyak sehingga jika diakumulasi maka jumlah watt yang digunakan untuklampu juga banyak. Selain itulampu digunakan dalam jangka waktu yang lama yakni semalamam. Oleh karena itu, minimalkan penggunaan lampu dengan mematikan lampu yang tidak digunakan.
 
Penggunaan lampu non LED juga menjadi sumber biaya listrik membengkak. Lampu non LED dengan watt besar memiliki tingkat penerangan yang sama dengan lampu LED berdaya kecil. Meskipun lampu LED lebih mahal namun ia dapat menghemat penggunaan listrik sehingga dapat menurunkan biaya listrik bulanan anda.

2. Almari es
Almari es
sumber: media.pricebook.co.id
Hampir setiap rumah tangga saat ini menggunakan almari es. Tetapi taukah anda bahwa almari es memiliki watt yang cukup besar yakni sekitar 100 watt dan ia dinyalakan sepanjang waktu. Almari es bekerja lebih keras saat kita sering membuka dan menutup almari es. Selain itu memasukkan makanan yang masih memiliki suhu tinggi ke dalam almari es juga membuat almari es bekerja lebih keras sehingga dapat menaikkan biaya listrik.

3. Setrika
sumber: lazada.co.id
Setrika pakaian juga mengkonsumsi daya listrik yang besar. Namun, saat ini ibu-ibu telah mulai bijak untuk menggunakan setrika yakni kebanyakan ibu-ibu saat ini menyetrika pakaian hanya 1 atau 2 kali tiap minggu sehingga dapat menghemat penggunaan listrik. Penggunaan setrika disiang hari juga akan lebih menghemat daripada digunakan saat malam hari.

4. AC
AC
sumber: jagatreview.com
AC memegang peranan paling besar dalam konsumsi listrik. Untuk penggunaan kamar tidur dengan ruangan kecil saja umumnya menggunakan AC berukuran 1/2 PK dan itu membutuhkan daya listrik sekitar 375 watt. Terlebih lagi jika AC sering di hidup dan nyalakan makan biaya listrik dipastikan akan membengkak karena saat menyalakan AC mengkonsumsi daya terbesar kemudian selanjutnya akan menurun.

5. Penanak nasi
Penanak nasi
sumber: es.id
Penanak nasi juga memiliki daya listrik besar. Saat menanak nasi dibutuhkan daya sekitar 395 watt sedangkan saat memanaskan mebutuhkan 77 watt. Penanak nasi pasti digunakan setiap hari sehingga menanak nasi berulang-ulang dalam sehari dapat menyebabkan biaya listrik membengkak. Terlebih lagi saat ini penanak nasi tidak hanya difungsikan untuk menanak nasi saja tetapi multi fungsi mulai dari membuat bubur, kue, dan sebagainya.

6. Pompa air
Pompa air
sumber: jualelektronik.com
Pompa air juga menghisap daya listrik besar. Semakin sering menyala maka biaya listrik bulanan akan semakin meningkat juga sehingga dapat diminimalkan dengan penggunaaan bak mandi yang besar atau penggunaan tandon.

7. Dispenser
Dispenser
sumber: jd.id
Dispenser air panas dan dingin juga memiliki daya yang besar. Terutama jika sedang bekerja memanaskan air atau mendinginkan air. Umumnya dispenser juga dinyalakan selama 24 jam penuh padahal untuk mendapatkan air dingin sudah ada kulkas dan untuk air hangat bisa memanaskan dengan kompor yang tidak membutuhkan waktu lama.

Bagaimana dengan barang-barang elektronik di rumah Belle? tentu saja masih banyka barang elektronik dengan konsumsi daya listrik besar jadi mulai bijak untuk menggunakannya. Gunakan hanya yang penting dan perlu.

Sumber:

Rumah.com/berita-properti/2017/7/155794/catat-peralatan-elektronik-yang-bikin-listrik-boros

Kreditgogo.com/artikel/Informasi-Umum/Benda-di-Rumah-yang-Bisa-Membuat-Boros-Tagihan-Listrik.html

Duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.co.id/2017/05/peralatan-listrik-dan-elektronik-mana-yang-menyebabkan-tagihan-listrik-anda-menjadi-mahal-dan-membengkak.html

sepulsa.com/blog/kenali-10-perangkat-penyebab-boros-listrik

No comments:

Post a Comment