Sunday, October 28, 2018

Jangan Kaget, 5 Kebiasaan ini Bikin Tagihan Listrik Membengkak


tarif listrik
sumber; palingseru.com
Listrik mahal dan tagihan listrik anda membengkak? Jangan marah-marah dulu, mungkin hal ini disebabkan kebiasaan-kebiasaan yang anda lakukan. Semakin lama memang tarif dasar listrik naik sedikit demi sedikit tapi kebiasaan kita yang kurang bijak dalam menggunakan listrik menjadi salah satu hal yang dominan membuat tagihan listrik membengkak.
kaget
sumber: mirurumi.com
Kebiasaan-kebiasaan sepele ini sebagian orang melakukan. Tapi taukah anda bahwa kebiasaan ini membuat tagihan listrik anda meningkat. Yuk simak apa saja.

1. Charger HP
Charger HP
sumber: cermati.com
Ada berapa HP yang anda miliki? Makin banyak HP maka makin banyak charger juga. Hal yang sangat sering dilakukan entah karena malas atau apa adalah membiarkan charger HP terpasang dengan sumber listrik meskipun tidak dipakai. Memang hal ini seolah-olah tidak ada bahayanya tapi ternyata charger HP yang terpasang meskipun tidak digunakan akan mengkonsumsi daya listrik. Tidak banyak memang, hanya 1 watt tapi jika 1 charger dikalikan 30 hari akan hasilnya akan lumayan. Bayangkan jika ada 3 atau 4 charger di rumah.

2. Tv
tv
sumber; linisehat.com
Kebiasaan buruk dalam menonton tv hingga tertidur tanpa mematikannya tentu akan sangat membebani tagihan listrik. Namun, hal ini hanya dilakukan sebagian orang. Sudah banyak masyarakat yang bijak untuk mematikan Tv sebelum tidur. Sayangnya ada hal lain yang sangat sering dilakukan yang ternyata juga mempengaruhi tagihan listrik yakni mematikan TV hanya dengan remote. Tv yang hanya dimatikan dengan remote tetap saja mengkonsumsi daya listrik. Cabut juga kabel yang terhubung dengan sumber listrik.

3. AC
ac
sumber; cermati.com
Banyak yang berfikir menghemat AC dengan cara menghidupkan sebentar kemudian mematikan. Ini sangat salah karena daya listrik terbesar yang dikonsumsi adalah saat menyalakan, selanjutnya akan berkurang. Jadi hitung berapa kali anda menyalakan AC dirumah.

4. Dispenser

Dispenser merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga yang mengkonsumsi daya listrik besar. Jadi gunakan dispenser dengan bijak. Air hangat dapat dengan merebus sebentar dan air dingin dapat dari kulkas. Lalu kenapa dispenser dinyalakan 24 jam?

5. Mesin cuci dan blender
listrik
sumber; blog.reservasi.com
Kebiasaan yang sepele ini memang tidak banyak orang melakukan tapi tetap masih ada saja yang mematikan mesin cuci dan blender ketika tidak dipakai tanpa mencabut colokan.

Demikaian Belle kebiasaan-kebiasaan sepele yang sering kita lakukan dan membuat tagihan listrik membengkak. Jadi mulailah kebiasaan yang lebih bijak dalam menggunakan listrik. Selain menguntungkan kita sendiri juga agar listrik bisa tersebar di seluruh wilayah negara kita.

Sumber:

Bisnis.liputan6.com/read/3118566/waspadai-7-hal-sepele-yang-bikin-tagihan-listrik-membengkak

Bisnis.liputan6.com/read/2446182/5-kebiasaan-sepele-yang-bisa-bikin-boros-listrik

finance.detik.com/energi/3176455/kebiasaan-kebiasaan-ini-bikin-biaya-listrik-jadi-mahal

No comments:

Post a Comment