Thursday, March 14, 2019

Bekas Noda Kopi dan Teh di Cangkir? Begini Cara Mudah Menghilangkannya

teh kopi kafein
sumber: hercegovinapromo.com


Belle suka minum kopi atau teh? Coba perhatikan apa yang terjadi pada cangkir anda jika digunakan untuk minum teh atau kopi dalam waktu lama. Bekas noda hitam kecoklatan akan timbul di cangkir dan sulit sekali untuk dicuci dengan cara biasa.

teh kopi kafein
sumber: bilikwanita.blogspot.co.id

Cangkir dengan noda bekas teh atau kopi membuat cangkir kesayangan kita menjadi tampak tak bagus lagi. Kadang juga menimbulkan rasa jijik menggunakannya atau berfikir bahwa cangkir tersebut tidak bersih dicuci. Jika Belle menghadapi masalah seperti itu, jangan buru-buru untuk membuang cangkir tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Cangkir tersebut masih bisa dicuci dan noda teh atau kopi bisa dihilangkan. Begini caranya, ada beberapa cara dan Belle cukup gunakan yang paling mudah menurut Belle.

1. Menggunakan baking soda
baking soda
sumber: diynetwork.com

Sudah banyak yang tau bahwa baking soda adalah pembersih yang ampuh untuk membersihkan apa saja termasuk cangkir. Cara menghilangkan noda bekas teh dan kopi di cangkir cukup mudah dan sederhana. Taburkan baking soda pada permukaan cangkir yang terdapat noda bekas teh atau kopi. Stelah itu gosok-gosok dengan spons pencuci piring hingga noda menghilang. Setelah hilang, cuci cangkir seperti cuci cangkir pada umumnya dengan menggunakan sabun pencuci piring.

2. Menggunakan campuran cuka dan garam

cuka dan garam
sumber: bacaterus.com

Cuka dan garam merupakan campuran yang ampuh untuk membersihkan noda bekas teh atau kopi dicangkir. Caranya, campurkan cuka dan garam ke dalam wadah secukupnya. Setelah itu celupkan spons pencuci ke dalam campuran tersebut dan gosok-sosokkan pada cangkir yang terkena noda. Setelah noda hilang, cuci dengan cara seperti biasanya.

3. Menggunakan lemon

lemon
sumber: organicfacts.net

Menggunakan lemon untuk mencuci cangkir dengan noda teh atau kopi membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan menggunakan bahan lainnya. Caranya, rendam cangkir dalam air panas. Beri perasan lemon dan diamkan selama semalam. Keesokan harinya, cuci cangkir dengan cara biasa.

4. Menggunakan pemutih pakaian

Cara ini bisa digunakan jika kerak-kerak sudah sangat membandel. Namun perlu kita ingat bahwa cairan pemutih pakaian adalah untuk pakaian bukan untuk alat makan. Jadi pertimbangkan jika anda ingin menggunakan cara ini.

pemutih pakaian
sumber: adimulya88.wordpress.com

Rendam cangkir atau gelas dengan noda kopi atau teh dalam air yang telah diberi pemutih pakaian. Diamkan selama semalaman. Setelah itu cuci dengan sabun cuci piring biasa. Dengan cara ini kemungkinan akan meninggalkan bau pemutih sehingga cuci berulang-ulang hingga baunya hilang.

gelas kotor
sumber: tampang.com

Selamat mencoba Belle. Semoga bermanfaat.

Sumber refrensi:
selerasa.com/tips-membersihkan-noda-bekas-teh-dan-kopi-pada-gelas-atau-cangkir-dengan-efektif-dan-cepat 
bacaterus.com/cara-mengatasi-noda-kopi-dan-teh-pada-mug
sharetipsdancara.blogspot.co.id/2015/07/mengatasi-noda-teh-kopi-membandel-pada.html

No comments:

Post a Comment