Thursday, March 14, 2019

Mudah dan Bermanfaat, Menanam Seledri di Rumah


Memiliki taman atau kebun di rumah meskipun berukuran tidak besar merupakan kebahagian tersendiri untuk saya. Apalagi jika kebun mungil tersebut menghasilkan sesuatu yang dapat dipanen atau dimanfaatkan di dapur. Bagaimana dengan Belle?
menanam seledri
sumber: pertanian99.com
Kali ini kita membahas tentang tanaman seledri yang biasanya digunakan sebagai pelengkap dan penambah cita rasa pada masakan. Saya biasanya menambahkan seledri pada sayur sop. Untuk masakan, seledri dibutuhkan dalam jumlah yang tidak banyak. Oleh karena itu kadang ibu-ibu sering lupa untuk membelinya. Menanam seledri di kebun, bisa menjadi salah satu alternatif jika lupa membeli. Bermanfaat juga jika ada tetangga yang membutuhkannya, tinggal petik saja di kebun.

menanam seledri
sumber: pertanianku.com

Yuk simak cara menanam dan merawatnya di rumah.

Cara Menanam Seledri :

  • Belilah bibit seledri di toko pertanian kemudian rendam bijinya dengan menggunakan air dengan suhu hangat-hangat kuku selama 20-30 menit.
  • Buatlah media semai berupa tanah dan kompos dengan perbandingan 2 : 1 ke dalam baskom atau gelas minuman bekas.

menanam seledri
sumber: wana-wana-blogger.blogspot.com
menanam seledri
sumber: jempoltangan.com
  • Taruh 2 atau 3 biji dalam 1 tempat persemaian kemudian buat naungan dari plastik untuk melindungi bibit dari panas dan hujan.
  • Sirami setiap pagi dan sore hingga bibit bersemi. Jangan sampai terlalu banyak air sehingga tanah menjadi becek dan bibit membusuk. Setelah seledri tumbuh beberapa cm dan muncul daun, pindah kan seledri ke dalam pot yang lebih besar.
  • Memindahkan seledri jangan hanya tanamannya saja tetapi sertakan juga tanahnya sedikit untuk mengurangi kemungkinan semaian akan mati.Setelah seledri berhasil dipindahkan ke dalam pot yang lebih besar, kita juga perlu merawatnya agar tidak mati.

Berikut cara merawat tanaman seledri.

  • Tanaman seledri yang baru dipindahkan membutuhkan waktu untuk beradaptasi, Agar tanaman tidak mati, sirami tiap pagi dan sore setiap hari selama seminggu. Gunakan pot yang bagian bawah berlubang agar air tidak menggenang.
  • Setelah seminggu dan dirasa pertumbuhan seledri sudah stabil dengan lingkungan, cukup lakukan penyiraman 3 atau 4 kali seminggu.
  • Lakukan pemupukan jika ingin seledri tumbuh dengan subur. Gunakan bahan-bahan organik atau alami agar seledri terhindar dari zat-zat anorganik. Kita dapat gunakan ampas teh sebagai pupuk alami.

Demikian Belle cara menanam dan memelihara tanaman seledri. Selamat menanam di rumah, semoga bermanfaat!

Sumber referensi:
caratanam.com/cara-menanam-seledri
alamtani.com/budidaya-seledri
bibitbunga.com/cara-menanam-daun-seledri-daun-sop-di-pot-atau-polybag
tanamtanaman.com/cara-menanam-seledri

No comments:

Post a Comment